Permasalahan pada Jaringan Komputer beserta Penanganannya (troubleshooting)
Apa itu troubleshooting?? secara sederhana, troubleshooting yaitu pendekatan sistematis untuk pemecahan masalah yang sering digunakan untuk menemukan dan memperbaiki masalah dengan mesin, elektronik, komputer dan sistem perangkat lunak yang kompleks.Berikut ini adalah 8 contoh permasalahan yang terjadi di jaringan komputer beserta penanganan/solusinya :
1. Kesalahan VPN
Ketika Anda mendapat pemberitahuan berupa “unable to establish the VPN connection” atau “error 800” berarti ada yang salah dengan VPN Anda. Jaringan pribadi virtual atau virtual personal network (VPN) berguna dalam penyediaan koneksi yang aman antara klien lokal dan server jarak jauh.
Masalah ini biasanya terjadi akibat perangkat klien terputus dari jaringan lokal, firewall jaringan memblokir lalu lintas VPN, atau nama/alamat yang ditentukan untuk server VPN salah.
Berikut beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini. Pertama, Anda dapat memeriksa koneksi antara klien dan server. Kedua, pastikan nama/alamat yang dimasukkan pada sisi klien sesuai dengan nama server yang diberikan oleh admin VPN. Ketiga, non-aktifkan sementara pengaturan firewall untuk memastikan bahwa firewall tidak memblokir koneksi Anda.
Langkah ketiga dapat Anda coba ketika langkah pertama dan kedua tidak mengubah apapun. Namun demikian, jika ketiga langkah di atas telah Anda coba dan belum memecahkan masalah, bisa jadi server kelebihan beban atau offline. Anda dapat memeriksanya dengan bantuan teknisi dari departemen IT Anda untuk mengatasinya.
2. Koneksi Lambat
Adanya permasalahan koneksi lambat bisa disebabkan oleh banyaknya PC yang di-sharing. Bisa juga dikarenakan aktivitas klien-klien PC yang sedang mengunduh atau upload malware (virus, Trojan, Spyware) yang menghabiskan bandwidth Anda.
Solusinya adalah gunakan bandwidth management, antivirus, atau anti Spyware. Solusi lainnya adalah dengan menambah kecepatan koneksi internet. Anda bisa coba cara simpel dengan menonaktifkan loading gambar pada browser atau menggunakan software.
3. Masalah pada Network Connection
Masalah koneksi merupakan masalah jaringan yang paling menjengkelkan dan membuat frustrasi. Masalah pada jaringan komputer yang terdapat pada Network Connection biasanya terletak pada nomor IP dan gateway.
Masalah-masalah ini dapat merupakan hasil dari semua jenis gangguan dan masalah di dalam komputer dan/ atau jaringan komputer itu sendiri. Jika Anda mendapatkan pemberitahuan berupa “No connectivity”, berikut yang dapat Anda lakukan untuk memperbaikinya.
Langkah 1, nyalakan kembali komputer. Jika proses reboot tidak memperbaiki kendala Anda, lanjut pada langkah 2. Langkah 2, nyalakan kembali router atau modem Anda. Tidak perlu melakukan pengaturan ulang kembali ke default. Cukup matikan router atau modem kemudian nyalakan kembali. Jika ini tidak berhasil, lanjut langkah 3.
Langkah 3, Jika Anda terhubung ke jaringan melalui kabel Ethernet, cabut kabelnya dan pasang kembali. Jika Anda terhubung melalui Wi-Fi ketika melihat masalah ini, kemungkinan adapter jaringan berusaha menghemat daya. Maka Anda dapat memilih hapus centang opsi penghematan daya pada menu Wi-Fi Connection pada panel kontrol. Jika jaringan masih belum bisa digunakan alias mati, hubungi penyedia layanan internet Anda untuk bantuan.
4. Kegagalan Sistem
Kegagalan sistem bisa memicu masalah pada jaringan komputer. Masalah ini dapat ditimbulkan oleh DHCP server dengan alamat IP statis yang sama. Boleh jadi penyedia layanan internet Anda secara tidak sengaja memberi dua orang alamat IP yang sama. Akibatnya Anda akan mendapat pesan berupa “alamat IP sudah digunakan”.
Jika hal ini terjadi, Anda dapat melakukan beberapa langkah berikut. Pertama, klik tombol “Start” dan klik “Run”. Masukkan “cmd” ke dalam kotak teks dan klik “OK”. Maka prompt perintah Windows akan terbuka. Kedua, ketik “ipconfig / renew” dalam prompt perintah dan tekan “Enter”. Ketiga, periksa koneksi jaringan Anda. Komputer Anda akan menerima alamat IP yang tersedia dan belum digunakan.
Bagaimana jika Anda tidak bisa mendapatkan alamat IP? Jika jaringan Anda sudah mati, sistem operasi akan mengirimi peringatan yang menyatakan bahwa alat itu tidak diterima dari server DHCP. Hal ini bisa saja terjadi karena DHCP kehabisan alamat atau mungkin permintaan DHCP dari perangkat tidak pernah sampai ke server.
Solusi untuk masalah ini adalah dengan memeriksa network interface card (NIC). Buka manajer perangkat pada panel kontrol. Luaskan area item network adapters untuk melihat semua adapter jaringan. Kemudian periksa sakelar untuk melihat VLAN mana yang ditetapkan sebagai anggota. Pastikan perangkat lain pada VLAN khusus ini mendapatkan alamat IP.
5. Ledakan Virus Komputer
Masalah ini terjadi karena sistem jaringan Anda akan mendapatkan traffic yang overload dari pengaruh virus yang menyerang sistem server dan menulari semua komputer dalam jaringan. Akibatnya kinerja sistem jaringan menjadi sangat lambat.
Solusinya untuk menangkal serangan virus ini adalah dengan menerapkan best practice security policy, tapi pastikan terlebih dulu pertahanan sistem Anda sudah sangat kebal.
6. Kegagalan Piranti Jaringan
Gangguan akibat kegagalan piranti jaringan bisa bervariasi, mulai dari kegagalan NIC - LAN card pada sebuah komputer, kegagalan switch pada beberapa komputer, hingga kegagalan berskala luas pada switch central yang menghubungkan jaringan server.
Untuk kegagalan LAN card di salah satu komputer solusinya adalah dengan menggantinya dengan network card cadangan.
7. Gangguan pada Hub/Switch
Hub/switch adalah terminal atau pembagi sinyal data bagi kartu jaringan (network card). Bila hub mengalami kerusakan, berarti seluruh jaringan juga tidak bisa berfungsi untuk berkomunikasi antar workstation atau komputer workstation dengan server. Kerusakan bisa dilihat pada lampu indikator power dan lampu indikator untuk masing-masing workstation. Bila lampu indikator power hub mati, berarti kemungkinannya hub tersebut rusak. Bila ada lampu indikator workstation yang mati, tandanya komputer workstation sedang tidak aktif atau ada gangguan.
Jika memang terjadi kerusakan pada hub dan sudah tidak bisa digunakan, maka solusinya harus diganti dengan yang baru atau memperbaikinya di tempat service khusus.
8. Tidak Bisa Sharing Data
Masalah tidak bisa sharing data cukup sering terjadi. Penyebabnya bisa karena sharing pada komputer masih dalam mode disable, sehingga harus diaktifkan dulu dengan membuka Network > Internet Access pada bagian kanan bawah dekstop. Klik kanan pada gambar network, lalu klik Open Network and Sharing Center. Pilih mode turn on file and printer sharing > Save Changes.
Komentar
Posting Komentar